Senin, 29 November 2010

Ada banyak cara untuk melakukan blok pada situs tidak baik tersebut tapi kali ini kita akan melakukannya dengan cara yang sangat cepat dan mudah yakni dengan menggunakan DNS. Berikut Langkahnya :
Jika kita menggunakan Windows
  1. Masuk ke Control Panel -> Network Connections -> Klik Kanan pada Lccal Area Network Pilih Properties
  2. Pada bagian General pilih Internet Protocol (TCP/IP) dan Klik Properties
  3. Isikan jika anda menggunakan IP Automatically maka isikan IP secara manual kemudian isikan DNS Servernya dengan DNS yang khusus memblok situs tidak baik misal (DNS Awari, OpenDNS, Nawala dll)
  4. Pada contoh kali ini kita gunakan aja DNSnya Awari
  5. Preferred DNS Server  : 203.34.118.10
  6. Alternated DNS Server : 203.34.118.12
  7. Setelah itu Klik OK dan Close
  8. Langkah terakhir adalah cek ntuk browsing pada situs tidak baik pasti udah terblokir, jika masih tembus aja coba pake alamat DNS yang lain misalnya dari http://www.opendns.com atau http://www.nawala.org

Jika anda menggunakan Linux caranya hampir sama yakni anda tinggal masuk aja ke bagian konfigurasi IP terus isikan DNS Servernya. Atau cara yang lebih mudah lagi adalah gunakan saja Distro Linux Islami (misal : Ubuntu Sabily / Gaza, Blankon Sajadah dll) dengan menggunakan distro linux tersebut secara otomatis pengaturan pada jaringannya udah secara otomatis berisi alamat DNS untuk memblokir situs tidak baik.
Menurut pendapat pribadi saya sendiri sebenarnya untuk orang dewasa tidak perlu adanya pemblokiran pada situs-situs porno, karena mereka sudah dewasa dan bisa berpikir untuk membedakan mana yang baik dan buruk dan cara yang terbaik untuk memblokir adalah dari kesadaran kita sendiri ini sesuai dengan prinsip yang ada pada gerakan INTERNET SEHAT. Pemblokiran diatas ditujukan untuk adik adik kita yang masih kecil yang tanpa sengaja bisa saja nyasar ke situs tidak baik
Categories:

0 comments:

Posting Komentar