Sabtu, 04 Agustus 2012

Alhamdulillah, akhirnya finish juga cerita ini dan bisa aku posting hari ini tangggal 4 Agustus 2012(hari ke 15 Ramadhan 1433 H) setelah lama aku menulisnya, ya walaupun acak-acakan akhirnya rampung juga maklum masih newbie.
Iarc 2012 Hari 13-15 juli 2012
IARC adalah kependekan dari Indusrtial Automatoin and Robotic Contepetition yang di adakan oleh himpunan mahasiswa D3 Elektro Institut
Teknologi Sepuluh Nopember. IARC ini merupakan event Nasional yang pertama di adakan Oleh D3 Elektro ITS dimana di acara ini ada
empat Kategori yang pertama adalah Lego, Untuk kategori pertama ini pesertanya adalah Siswa SMA/SMK se INDONESIA. Kategori yang kedua adalah PLC,yang ketiga adalah HMI dan yang terakhir adalah TETRIX lebih jelasnya bisa di lihat di web resminya iarc2012.weebly.com . di acara ini saya mendapatkan amanah dari kepala Laboratorium Pemrograman Universitas Trunojoyo Madura yaitu
Ibu Noor Ifada untuk mrngikuti acara ini di kategori TETRIX satu tim sama temen kosku Habibie Ed Dien dengan nama tim goshohib Dien dan Tim kedua adalah I.S.U yang anggotanya adalah Sudiyanto dan Isma Ifhatus Saaihah. pertama aku dengar kabar ini aku yakin gak yakin soalnya aku belum pernah tau tentang robot, tapi mau gimana lagi, kalau gak mencoba pasti tidak akan bisa. yaudah aku iyakan aja dan temen yang lain begitu juga. itu pun kabarnya pas bareng dengan minggu pertama UAS, aduh tambah pusing mikirin lomba dan UAS, udah IQku rendah, mentalpun juga kurang siap. inikan acara Nasional pasti pesertanya hebat-hebat. karena dari itu, aku dan temen-temen harus belajar beneran dan waktu belajarnyapun mepet dua minggu sebelum lomba padahal peserta yang lainnya sudah ikut Workshopnya pada bulan Mei, sedangkan kita belajarnya sistem kebut, aduh pikiranku udah semakin Ruwet jadinya.
Untungnya ada kakak angkatanku yang baik hati dan mau membimbing kita Terima Kasih buat Mas Asadullahil Ghalib Kubaat. pas aku lihat daftar peserta di web resmi IARC 2012, ada tujuh belas tim yang terdaftar ada yang dari Univ. Brawijaya, PENS, ITS, ITB Univ. Ngeri Surabaya, PEN Jakarta, Univ. Surabaya dan Universitasku tercinta Universitas Trunojoyo Madura. 


Setelah aku lihat daftar pesertanya aku tambah gak PD. Tapi kan lawanku itu juga manusia berarti sama-sama makan nasi, aku harus bisa pokoknya jangan takut sama orang kota. Di hari pertama Babak penyisihan tim UTM gak ada yang dapat point dari jarak aman, robotnya cuman muter-muter di tempat karena tim kita latihannya memakai Robot Lego, lombanya makek Robot Tetrix, pokoknya beda banget deh. sehabis babak penyisihan pertama selesai temen-temen down semua tapi Alhamdulillah bu Noor Ifada yang hadir di lomaba memberi kita semangat, beliau bilang begini “oklah babak penyisihan pertama boleh gagal tapi kalian jangan putus semangat ambil sisi posifnya kita kan memang serba kekurangan, Ambil positifnya Ok”. masuk hari kedua Skor nilai pun di umumkan dan hasilnya Tim kita berada di urutan paling bawah. di hari kedua ini adalah babak penyisihan keduan setelah itu langsung di ambil lima tim terbaik untuk bisa masuk babak final dan Alhamdulillah Tim kita dua-duanya masuk final karena di babak penyisihan kedua kita dapat menyelesaikan dengan waktu 7 menit lebih gak nyampek 8 menit yang jatah waktunya tersedia 30 menit. karena dari itu tim kita lolos dan masuk lima tim terbaik dan masuk final. sungguh kami tidak menyangka sekali bisa masuk final. padahal kami sebelum berangkat, kami dapat pesan dari bu ifa “Pokoknya kalian tidak ada di urutan paling bawah saya sudah senang dan lomba ini akan berlajut ke adik-adiknya. tapi, kalau kalian berada di urutan paling bawah lomba ini tidak akan berlanjut”. Tibalah di akhir acara dan pengumuman para juara, setelah menunggu lama akhirnya MC membacakan juara Tetrix dan hasilnya : JUARA 1 Politeknik Negeri Surabaya, JUARA 2 Universits Trunojoyo Madura dan JUARA 3 Universitas Surabaya.

Juara 1 - 3 Tetrix



Categories:

1 komentar: